Sunday, March 30, 2008

Ada TOEFL, ada Institutional TOEFL, TOEIC, IELTS...

Mungkin Anda bingung, kok ada berbagai macam tes inggris: toefl, institutional toefl, TOEIC, IELTS, TOEFL prediction dsb. Lalu bedanya apa?

Mengenai toefl yang asli sudah dijelaskan di sini. Ada lagi Institutional TOEFL. Nah, makhluk ini adalah tes bahasa inggris versi sederhana yang digunakan secara terbatas untuk kepentingan yang juga terbatas. Artinya kalo hasil toefl yang beneran, hasilnya diakui secara luas yang meliputi 6,000 lebih lembaga. Kalo institutional hanyalah semacam 'prediksi'. Walaupun prediksi tapi tetap akurat karena sama-sama dibuat oleh lembaga yang mengadakan toefl betulan. Hasilnya juga dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) di New York sana (tentunya melalui perwakilannya di sini).

Bedanya hanyalah institutional toefl ini hanya mencakup 3 materi saja yaitu: listening, structure & written expression, dan reading. Biayanya lebih murah, hanya sekitar 275 ribu rupiah saja. Tempat tes yang saya tahu adalah di Aminef (Gunung Sahari) atau LIA (di mana saja).

TOEIC adalah kependekan dari Test of English for International Communication. Pokoknya bertujuan untuk mengetes kecanggihan Anda dalam komunikasi internasional. Tesnya meliputi dua macam, yaitu listening (photo, question, short conversation, short talks), dan structure (incomplete sentence, error recognition, dan reading comprehension).

Sedangkan IELTS adalah International English Language Testing System. Walaupun namanya rumit, tapi gampangnya ini adalah toefl ala Inggris betulan. Maksudnya, kalau toefl asli itu Amerika banget, maka IELTS ini adalah versi Inggrisnya karena memang bahasa inggris di Amrik dan di Inggris betulan itu sedikit beda. Penganut tes ini adalah negara-negara turunan inggris, yaitu Inggris, Australia, Kanada dan teman-temannya. Materinya mirip toefl asli, yaitu listening, speaking, reading, dan writing.

Lalu TOEFL prediction? Ya ini adalah ramalan toefl Anda, sesuai dengan namanya. Bisa dilakukan oleh siapapun dengan soal yang bagaimanapun. Apakah diakui secara luas hasilnya? Ya tergantung penyelenggara. Kalau penyelenggaranya kredibel, ya diakui secara luas. Misalnya yang diadakan oleh LIA ataupun Lembaga Bahasa UI. Kalau yang ngeluarin adalah kursus bahasa inggris pinggir jalan, ya nanti dulu!

Anda mau ikut yang mana, ya terserah Anda. Atau terserah lembaga yang membutuhkan nilai Anda.

5 comments:

Admin said...

Thanks banget infonya ya :)

Admin said...

Baca juga ya :
Macam macam najis,Macam-Macam Aliran Sesat Di Indonesia,Macam-macam doa,Macam-macam hadist, cara memperbaiki handphone yang rusak,cara merawat blackberry Anda,Cara merawat burung kenari,Cara merawat hamster,Cara merawat kelinci yang benar,Cara merawat kucing,Tips Cara merawat bayi hamster,10 Manfaat Senyum,Bahayanya kalau keseringan mengupil,Cara Cepat tinggi,Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Noda Hitam Secara Alami,Cara menjaga kesehatan Mata,Cara merawat bayi,Tips dan Cara agar Hidup Sehat ,cara merawat gigi agar sehat,tips cara menggemukan badan Anda,10 Keahlian IT yang Paling Dicari di Dunia,AMD vs INTEL Lebih baik mana?,Cara Menambah RAM di Laptop,Cara membersihkan Laptop

Admin said...

ini juga :
Cara memperbaiki Flasdisk Yang Rusak,Keyboard Shortcut Pada Windows 7,Laptop Gaming Murah,Macam-macam virus komputer,Merek Laptop Terbaik Di Tahun 2013,Spesifikasi Laptop Asus, Tips Dan Cara merawat Laptop Yang Baik,cara memperbaiki memory card,cara menghemat baterai laptop,Cara membuat Ice Cream Coklat dengan Mudah, Cara membuat Pancake pemula, Cara membuat donat enak, Cara membuat makanan sehat, Cara membuat nugget ayam spesial, Cara membuat pizza untuk pemula, Cara membuat rendang hati, cara merawat mobil yang benar,Cara Merawat Motor di Musim Hujan cara membuat makalah yang benar,10 Cara Menjadi Orang Pintar di kelas,28 Cara cepat Agar otak menjadi Lebih pintar ,Macam-macam HAM,Macam-macam Komunikasi, Macam-macam pasar dan pengertianya,Macam-macam puisi,Nama-nama Presiden Indonesia

Admin said...

jangan lupa yang ini :
Pantun Anak-Anak,Sejarah Bahasa Indonesia,Sejarah kemerdekaan Indonesia,cara atau tips menjelang UN (Ujian Nasional),macam-macam perjanjian internasional,Cara membuat tahu dengan mudah,Cara menjadi pengusaha sukses di indonesia,Mukena Bali Spesial Azzahra,Usaha Kecil Menengah, cara berfikir menjadi orang kaya , 4 cara meringankan Blog,7 Cara meningkatkan jumlah pelanggan RSS,7 Tingkatan Hacker - Berada Dimanakah Posisi Anda?,Cara Menaikkan Pagerank Blog Dalam Sekejap,Cara Mengklaim Token di Technorati,Cara membuat blog di blogspot,Cara mengganti judul blog menjadi H1 agar lebih SEO,cara mengatasi duplikat konten,cara meningkatkan penghasilan dari PPC ,Cara mendaftar kaskus dengan mudah,cara membuat facebook,cara menambah follower twitter kita, Cara Menghilangkan Komedo

Admin said...

dan ini :
Cara Merawat Rambut tanpa harus kesalon ,Tips cepat agar bibir merah,Tips dan cara Agar cepat hamil,cara menjaga kehamilan,tips cara melahirkan, tips cara memikat wanita yang Anda sukai,Kata-Kata Gombal,Kumpulan kata-kata mutiara,Pantun Cinta Sejati,Tips cara pdkt,kata kata motivasi hidup,kata kata romantis buat pacar, Site, Vina